Saturday, March 29, 2014

Pentingnya Asupan Gizi Makanan



Add caption
Karena kita adalah makhluk hidup , maka jangan disalahkan jika salah satu kegiatan kita adalah makan. Tetapi kegiatan makan bukan merupakan hobi yang harus kita salurkan dengan berlebihan kerana bakat bawaan kita sebagai mahluk hidup. Secukupnya, itulah cara hidup sehat, secupnya saja sob :) .

Sekarang mari coba kita fikirkan, bagaimana tanggapan kita tentang suatu rumah yang dibangun menggunakan bahan material yang tidak kokoh ?. Terdiri  dari kayu kropos, pasir yang terlalu lempung, batu bata yang rapuh, dan semua material yang setidaknya akan membuat bangunan itu terlalu rapuh. Maka apabila disandingkan dengan tubuh kita , bagaimanakah jadinya tubuh kita jika dibangun dari sumber makanan yang kaya akan radikal bebas, tinggi kolestrol yang membahayakan jantung sobat, zat additif berlebihan yang merusak tubuh dan hal lainnya dari makanan yang kita asup kedalam perut kita yang justru merugikan tatanan tubuh kita yang kokoh ini.

Sudahkah berfikir demikian sob ?. Untuk menyadarkan lagi, sekarang mari kita teliti lagi. Sistem yang mengendalikan kerja jaringan tubuh kita ini sangat begitu hebatnya sob. Kita patut sangat untuk bersyukur bahwa yang menciptakan kita, melebihkan kita dengan tubuh yang begitu canggihnya melebihi kejeniusan pemrograman komputer. Tubuh kita diprogram untuk memproduksi dan menstimulasi serta mengolah zat-zat yanng masuk kedalam tubuh kita dengan sistem pengaturan yang tiada banding. Ini untuk ini , itu untuk itu, yang satu jadi dua, yang dua berlipat ganda, yang tadinya partikel kecil, lama-lama menyusun menjadi daging, kulit , tulang yang tiba-tiba mengeras ,darah yang cair, yang dialirkan melalui jantung yang terus berdegup tanpa kita kendalikan secara sadar, oksigen yang kita hirup untuk apa kita gunakan didalam tubuh, jika akhirnya menghembuskan kembali, cairan untuk apa kita minum jika nantinya kita keluarkan kembali ,dalam bentuk keringat air seni, dan apakah sangkut pautannya dari semua barang-barang tersebut yang sangat berbeda,yang ternyata saling membutuhkan, dan bagaimana tubuh ini mengkoordinasikannya dengan teratur. Itu semua berkat dari sang pencipta yang membekali kita dengan tubuh yang hebat, tinggal bagaimana kita sendiri menjaga tubuh kita dari gangguan yang merugikan tubuh kita sendiri.

Maka agar kita tidak mensia-siakan anugrah itu, perlu kita ketahui juga bagaimana cara menjaga dan merawat semua itu tentunya dengan cara yang relefan, baik dan benar. Jadi penyesuaian pengetahuan kita tentang makanan yang akan kita makan harus memperhatikan juga kondisi tubuh kita, sebaiknya yang seperti apa yang bagus bagi pertumbuh-kembangan dan yang menyehatkan tubuh.

Pengetahuan dasar bagi orang yang awam juga penting untuk menunjang wawasannya dalam hal kebutuhan makanan. Tidak perlu kita mencari-cari sesuatu yang mahal yang menurut kita bergizi baik, melainkan semua makanan yang dihasilkan bumi ini merupakan makanan yang bergizi, namun dengan kandungan dan kadar yang berbeda-beda dari tiap jenisnya. Para ahli mengelompokan zat gizi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral tersebut dengan makro dan mikro. Makro yang berarti kebutuhannya lebih besar seperti karbohidrat,lemak, dan protein dan mikro yang berarti kebutuhannya hanya sedikit saja seperti vitamin dan mineral. Kedua golongan gizi tersebut sangat dibutuhkan dan salilng bersangkutan antara satu zat gizi dengan zat-zat gizi lainnya.

Nah wawasan inilah yang harus kita dapatkan sob, agar kita menyadari ilmu perihal makanan yang patut kita konsumsi untuk menjaga tubuh kita, dan nantinya juga kita akan bangga kalau kita mempunyai tubuh yang sehat kuat dan kokoh seperti gambar diatas sob :D.
Cukup sekian inspirasi tengtang pentingnya wawasan gizi , terimakasih dan wassalamualaikum :).



No comments:

Post a Comment