Sunday, May 7, 2017

Makanan yang disebut-sebut dalam Al-Quran.


sudahkah kalian tahu makanan yang disebut-sebut dalam Al-Quran?. Dibumi ini tersedia banyak sekali jenis flora yang tumbuh yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan oleh manusia.  Selain itu, jenis fauna juga banyak sekali manfaatnya bagi manusia. Begitu besar anugrah yang diberikan Allah kepada manusia yang telah Menciptakan segala sesuatu yang tumbuh dibelahan bumi dapat dikonsumsi sebagai makanan dan obat untuk manusia. Dalam Al-Quran Allah berfirman dalam yang dimuat dalam QS. 'Abasa(80) ayat 24-32 yang berarti:
"Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya . Kami-lah yang mencurahkan air melimpah (dari langit) . kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya . lalu disana Kami tumbuhkan biji-bijian, . dan anggur dan sayur-sayuran . dan zaitun dan pohon kurma . dan kebun-kebun (yang) rindang . dan buah-buahan serta rerumputan . (semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk hewan ternakmu . " (QS. 'Abasa <80>: 24-32).

Dari keseluruhan jenis tumbuhan yang ada didunia, memang hanya beberapa saja yang disebutkan dalam kitab Al-Quran. Karena keistimewaan inilah, banyak pertanyaan mengapa hanya jenis tumbuhan tersebut yang termaktub dalam kitab suci Al-Quran. Seberapa istimewakah tumbuhan tersebut sehingga nama tumbuhan tersebut termuat dalam Al-Quran ?. Berikut beberapa ulasan mengenai makanan yang disebut-sebut dalam Al-Quran dan berbagai macam manfaat yang dapat kita peroleh:

1. Buah Tin (التِّيْن)


Buah ini disebutkan dalam Al-Quran surat At-Tin ayat 1 bersamaan dengan buah zaitun.
. (وَالتِّيْنِ وَالزَّيتُونِ (1
  "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun" QS. At-Tin<95>: 1

2. Buah Zaitun (الزَّيْتُوْن)


Penyebutan nama buah ini berbarengan dengan nama buah Tin pada ayat yang sama di surat At-Tin.
. (وَالتِّيْنِ وَالزَّيتُونِ (1
  "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun" QS. At-Tin<95>: 1

3. Buah Delima (الرُّمَّان)
 
Buah delima atau pomegranate (latin; punica granatum) disebut-sebut dalam Al-Quran sebanyak tiga kali dalam bahasa Arab Ar-Rumman (الرُّمَّان). Buah delima disebut sebagai buah yang ada disurga seperti yang termuat dalam surat Ar-Rahman ayat 68.

  (فِيْهِمَا فَاكِهَةٌ وَّنَخْلٌ وَّرُمَّانٌ (68
"Didalam kedua surga itu ada buah-buahan,kurma dan delima" QS. Ar-Rahman<55>: 68

4. Buah Kurma

Ada tiga jenis kurma yang dikenal, yaitu Kurma basah (رُطَب), Kurma kering (تَمِر) dan Kurma mentah (بلح). Buah kurma juga disebut sebagai buah yang ada disurga seperti yang termuat dalam surat Ar-Rahman ayat 68.

  (فِيْهِمَا فَاكِهَةٌ وَّنَخْلٌ وَّرُمَّانٌ (68
"Didalam kedua surga itu ada buah-buahan,kurma dan delima" QS. Ar-Rahman<55>: 68
5. Buah Anggur (العِنَب)

Buah anggur merupakan buah yang dapat memeberikan kenikmatan bagi pemakannya. Anggur dikatakan sebagai buah yang di anugrahkan kepada hamba-hambanya sebagai nikmat didunia dan diakhirat. Diantara raja buah-buahan yaitu anggur, selain kurma dan tin. Ayat Al-Quran yang menyebutkan buah Anggur cukup banyak, diantaranya pada Surah 'Abasa<80> ayat 28.

  (فَأَنْبَتْنَا فِيْهَا حَبًا (27) وَعِنَبًا وَقَضْبًا (28) وَّزَيْتُوْنًا وَّنَخْلاً (29
"lalu disana Kami tumbuhkan biji-bijian (27), dan anggur dan sayur-sayuran (28), dan zaitun dan pohon kurma (29).QS. 'Abasa<80>: 27-29
6. Buah Pisang (ُالطَّلْح)

Buah pisang disebutkan dalam surat Al-Waqiáh ayat 29.
 
وَأَصْحَابُ الْيَمِيْنِ مَآ أَصْحَابُ الْيَمِيْنِ (27) فِيْ سِدْرٍ
( مَّخْضُوْدٍ(28) وَّطَلْحٍ مّنْضُوْدٍ (29

"Golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu. (Mereka) berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),"QS. Al-Waqi`ah <56>: 27-29

7. Jahe (الزَّنْجََبِيْل)

Para penghuni surga akan merasakan nikmat minuman yang salah satunya adalah bercampur jahe.

 (17) وَيُسْقَوْنَ فِيْهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنْجَبِيْلًا

"Disana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe, " QS. Al-Insan <76>: 17


8. Madu


Seekor lebah dapat menghasilkan madu kira-kira 10 gram madu. Lebah dapat terbang mencari nectar hingga 60 kali pulang-pergi dalam seharinya. Kerja lebah tidak lepas dari apa yang Allah SWT firmankan :

   وَاَوْحىَ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ اَنِ التَّخِذِيْ مِنَ الجِبَالِ بُيُوْتًا وَّمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُوْنَ (68) ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلاً  ‌قلى  يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخَْلِفٌ اَلْوَانُهُ  صلى فِيْهِ شِفآءٌ للنَّاسِ قلى إِنَّ فِيْ ذَالِكَ لَأَايَةً لِّقَوْ
Dan masih ada banyak lagi yang termaktub dalam Al-Quran. Yang harus kita lakukan ialah harus mensyukuri apa-apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita ummat manusia. Jangan sampai kita menjadi makhluk yang tidak bisa mensyukuri anugrah tersebut. 

9. Susu (الَّبَنُ)
10. Daging (الَّحْمُ)
12. Ikan (السَّمَكُ)
13. Adas (العَدَسُ)
14. Mentimun (القِثَّاءُ)
15. Bawang putih ( 
16. Bawang merah (البَصَلُ)

Jadi tau kan sekarang?, oh ternyata banyak juga ya makanan yang sering kita konsumsi ternyata pernah disebut-sebut Al-Quran. Yup !  :D :)

No comments:

Post a Comment