Friday, March 13, 2015

Zat gizi makro untuk kecukupan kebutuhan energi harian


Ketahui makanan anda sudah termasuk bergizi untuk kecukupan energi harian atau belum ?

Cari tau yuk disini sekilas informasinya !


Jika tubuh ingin terlihat sehat, maka solusinya adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan pola hidup anda. Serta, cukupi kebutuhan energi harian dan zat gizi esensial lainnya. Tahukah anda, tentang zat gizi ini ? Karbohidrat, lemak, protein ?.
Ketiganya merupakan zat gizi makro atau zat gizi yang banyak menyumbangkan energi bagi tubuh anda. 

Karbohidrat merupakan penyumbang energi utama bagi sebagian besar masyarakat di negara berkembang seperti di indonesia(;rata-rata konsumsi energi berasal dari karbohidrat penduduk Indonesia menurut Biro Pusat Statistik tahun 1990 adalah sebesar 72%). Karbohidrat juga disebut zat gula, karena produk yang dihasilkan karbohidrat terutama dalam bentuk gula sederhana didalam tubuh guna dijadikan energi. Sumber karbohidrat  adalah padi-padian atau serealia, umbi-umbian, kacang-kacang kering, dan gula. 
Fungsi karbohidrat bagi tubuh anda : 1) sumber energi 2) pemberi rasa manis makanan 3). Penghemat protein 4) pengatur metabolisme lemak 5) membantu pengeluaran feses.
(ada pertanyaan ?)

Ada berbagai jenis lemak dalam ilmu gizi. Namun lemak yang umum dikenal yaitu tergolong lemak netral, yang dikenal sebagai lemak dan minyak. Lemak dan minyak merupakan sumber energi paling padat yaitu menyumbang 9 kkalori untuk tiap gram, atau 2 1/4 kali dari sumbangan karbohidrat maupun protein yang menyumbang 4 kkalori tiap gramnya pakai. Sumber lemak adalah minyak tumbuh-tumbuhan(minyak kelapa, kelapa sawit, kacang tanah, kacang kedelai dan sebagainya.
Fungsi lemak bagi tubuh banyak, diantaranya: 1) sumber energi 2) pengangkut vitamin dalam tubuh 3) menghemat protein 4) memberi rasa kenyang dan kelezatan 5) sebagai pelumas pada pencernaan 6) memelihara suhu tubuh 7) pelindung organ tubuh.
(ada pertanyaan ?)

Gerardus Mulder adalah orang yang pertama kali mengenalkan protein yang menamainya dari bahasa Yunani (; Proteos) yang berarti utama atau yang didahulukan. Ia berpendapat bahwa protein adalah zat yang paling penting dalam setiap organisme. Perlu diketahui, protein merupakan bagian terbesar tubuh sesudah air yang separuh dari kesemuanya berupa otot. Yang terpenting adalah protein mempunyai jenis asam amino esensial yang merupakan zat yang tidak dapat dibuat oleh tubuh dan hanya dapat dipenuhi mrlalui makanan. Macamnya yang diketahui saat ini ada 9. Maka dari itu, asupan makanan yang mengandung asam amino esensial sangat diperlukan. Sedangkan asam amino yang dapat dibuat tubuh ada 11. Sumber protein yaitu (hewani) telur, susu, daging, unggas, ikan dan kerang. (nabati) yaitu kacang kedelai dan hasil olahannya serta kacang-kacangan lainnya.
Fungsi protein banyak sekali, diantaranya: 1) pertumbuhan dan pemeliharaan 2) pembentukan antibodi 3) sumber energi 4) pembentukan ikatan-ikatan esensial tubuh 5) mengatur keseimbangan air 6) mengangkut zat-zat gizi.
(Ada pertnyaan ?)

Ketiga macam zat gizi makro diatas adalah zat gizi yang dominan anda temui dalam menu makanan anda. Jumlah dari penyumbangan energinya berbeda, tergantung anda sendiri yang menentukan.

Reported by Mahasiswa Ilmu Gizi Universitas Alma Ata.

Sumber: Almatsier S., 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama




No comments:

Post a Comment